Mengenai Saya

Foto saya
NAMA KELOMPOK : 1. YULIA SARI 2. OKTA NELLI 3. TAUFIK SUHARAMAYUDI 4. M.HADI PRASETYO 5. MARDALIUS 6. YOGI OKTARIZAL 7. RONALD ARIFAN 8. MUKHSIN ALBAITI

Sabtu, 01 Oktober 2011

PERANGKAT OUTPUT DAN INPUT


PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT

A . INPUT
Perangkat input adalah perangkat yang dapat memasukan data dan perintah
kepada komputer untuk kebutuhan lebih lanjut. Input juga dibagi dua yaitu
input sinyal , dan maintenance . input sinyal adalah data atau program yang
dimasukan kedalam sistem komputer . sedangkan maintenance adalah
program yang digunakan untuk mengolah data input sinyal. Contoh-contoh
perangkat input adalah :
I.                    KEYBOARD
 
keyboard ditemukan oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan banyak
dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington.
keyboard adalah papan ketik yang berfungsi sebagai media interaksi antara
user dengan mesin. Merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-
tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada
komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau
papan tuts.

II. MOUSE


Mouse ditemukan pertama kali oleh Douglas Engelbert.Penunjuk (pointer) yang dapat digerakkan  kemana saja berdasarkan arah gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse. Mouse memiliki  sensor untuk mengetahui kemana arah yang dikehendaki oleh pemakainya
Sensor ini diantaranya adalah melalui bola dan cahaya. Untuk mouse yang memiliki sensor dengan menggunakan bola, jika kita membuka dan mengeluarkan bola kecil yang terdapat di belakang mouse, maka akan terlihat 2 pengendali gerak di dalamnya. Kedua pengendali gerak tersebut dapat bergerak bebas dan mengendalikan pergerakan penunjuk, yang satu searah horisontal (mendatar) dan satu lagi vertikal (atas dan bawah).
Pada sebagian besar mouse terdapat tiga tombol, tetapi umumnya hanya dua tombol yang berfungsi, yaitu tombol paling kiri dan yang paling kanan. Namun ada tombol ketiga yaitu tombol scroll tombol ini berguna untuk menaik turunkan jendela windows.

II.                  JOYSTICK
 
Piranti masukan berupa tongkat, yang menangkap gerakan-gerakan dinamis, dan mengubah gerakan tersebut menjadi data untuk diolah oleh komputer. Joystick disebut juga penggerak penunjuk. Joystick biasanya digunakan sebagai  alat permainan ( game ).

IV. TRACK BALL
Merupakan perangkat yang sejenis dengan mouse atau stylus. Alat ini mirip mouse yang dibalik dan digunakan dengan menggelindingkan bolanya.
V. DIGITIZER
Piranti masukan yang menggunakan media magentis, alat ini sangat tepat dan memudahkan  dalam pemindahan gambar, misalnya peta, dari gambar kertas ke layar komputer. Digitizer banyak  digunakan pada PDA .



VI. VOICE RECOGNITION
Pengenal suara. Kemampuan mengenal secara spesifik suara individual, mirip dengan pengenalan sidik jari. Teknologi ini memiliki kemampuan untuk menafsirkan kata-kata yang diucapkan oleh manusia. Dalam pengaplikasiannya dengan menggunakan teknologi ini,anda dapat memberi perintah kepada komputer secara lisan. Misalnya dengannya anda dapat menulis surat tanpa perlu mengetiknya. Untuk itu anda harus menggunakan mikrofon. Program semacam ini banyak macamnya di antaranya adalah Via Voice dari IBM.

VII. KAMERA
Kamera yang mampu merekam gambar diam atau bergerak kepada bit-bit  data ke dalam fil komputer. Kamera merupakan suatu program untuk mengambil gambar .
                                



VIII. SCANNER
Scanner banyak digunakan untuk memindai gambar , tulisan , atau objek
benda kedalam format elektronik sehingga dapat diolah komputer . scanner
akan mengukur cahaya untuk memperoleh image. Umumnya kualitas
scanner dilihat pada kualitas gambar yang dihasilkannya .
IX. MIC ( MICROFON )

Mic digunakan untuk memasukkan input berupa suara. Penggunaan mic
memrlukan perangkat keras tambahan untuk menerima input suara tersebut
yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan hasil rekaman suara.
Ada juga alat yang dapat menjadi input dan output alat seperti itu disebut terminal . terminal dapat dihubungkan langsung dengan komputer dengan menggunakan kabel dari USB  (Universal Serial Bus ) atau alat yang lain . Terminal juga dibagi menjadi tiga yaitu :

    Non intelligent terminal atau dumb terminal
hanya berfungsi sebagai perangkat untuk memasukkan input dan menampilkan output , namun
tidak dapat memprogram semua itu karena tidak mempunyai alat
pemproses.
    Smart terminal
mempunyai alat pemproses dan memori didalamnya sehingga input yang terlanjur dimasukkan dapat dikoreksi kembali program ini tidak dapat di program oleh pemakainya hanya bisa oleh pabrik buatannya saja.
    Intellegent terminal
mempunyai alat pemproses dan memori didalamnya sehingga input yang terlanjur dimasukkan dapat dikoreksi kembali program ini dapat di program oleh pemakainya. Peralatan input yang tidak mempunyai fungsi ganda dapat dibedakan menjadi dua yaitu :

ü  Input langsung
input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat
pemproses. contoh : keyboard , mouse , layar sentuh , tablet ,scanner ,sensor pada kamera digital , serta microphone .
ü  Input tidak langsung
 input yang dimasukkan tidak langsung diproses oleh alat pemproses . contoh : magnetic disk( disket , hard disk ) , optical disk ( CD , DVD , VCD ). Magnetic disk mampu menyimpan informasi berupa data dan program melalui magnetisasi suatu medium , Sedangkan optical disk mampu  menyimpan informasi melalui cahaya atau laser yang ditangkap oleh keping CD/VCD/DVD.



B . OUTPUT
Perangkat output adalah perangkat yang mengeluarkan data , program , atau yang lain
sebagainya . contoh-contohnya yaitu :
        I.            MONITOR


















Monitor /Screen Monitor merupakan sarana untuk menampilkan apa yang kita
ketikkan pada papan keyboard setelah diolah oleh prosesor. Monitor disebut juga dengan Visual Display Unit (VDU) Media output untuk menampilkan/memperlihatkan informasi sehingga dapat dibaca dan diketahui oleh manusia.

      II.            LCD PROYEKTOR
LCD proyektor berfungsi untuk menampilkan gambar hasil dari pemprosesan data.
Hanya saja LCD membutuhkan perangkat lain yang dapat menerima data & program
tersebut . mediumnya lebih baik berwarna putih dan berbidang datar.
    III.            PRINTER
Alat pencetak. Istilah ini umum digunakan untuk pencetak karakter atau gambar ke suatu media (seperti kertas). Printer mempunyai satuan kecepatan yaitu CPS ( character per second ) ,LPM ( line per minute ) , atau PPM ( pages per minute ). Printer ada yang dapat mencetak dalam warna dan ada yg tidak .
   IV.            SPEAKER
Pengeras suara , penghasil suara , untuk mendengar suara .

     V.            PERIPHERAL DEVICE
Peripheral device adalah output yang merupakan bagian dan pendukung sistem. seperti  printer,   modem, scanner atau termasuk juga kamera digital.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar